Dari : allysa

kak mau nanya gimana sih cara ngilangin milia dibawah mata, trus jga muka saya sering banget kusam?

Begini Cara Mengatasi Milia dan Wajah Yang Sering Kusam | 2020-06-24

Dijawab oleh : Admin

Hai Allysa, terima kasih untuk pertanyaanmu.

Milia dapat terjadi ke orang-orang dari semua etnis dan usia, tapi penyakit milia pada bayi paling sering terjadi bagi yang baru lahir. Milia adalah benjolan kecil yang biasanya berwarna putih atau kuning tanpa sensasi gatal atau menyakitkan. Walaupun tidak memiliki efek samping, tapi milia dapat memberikan ketidaknyamanan buat orang yang mengalaminya.

Penyebab milia bisa berbeda-beda, beberapa faktor yang sering menjadi penyebab milia pada orang dewasa adalah penumpukan kulit mati yang terperangkap di pori-pori dekat permukaan kulit. Jika penumpukan tersebut tidak dikeluarkan secara alami maka menjadi penyebab penyakit milia yang disebut dengan primary milia. Kemudian ada tipe kedua, yaitu secondary milia di mana gejalanya mirip dengan primary milia, tapi lebih dikarenakan ada sesuatu yang menyumbat saluran keringat.

Penyumbatan saluran keringat ini disebabkan karena beberapa jenis trauma ataupun infeksi kulit, seperti perawatan laser, pengelupasan kulit, herpes kulit serta faktor gaya hidup yang berkontribusi pada kesehatan kulit, seperti kurang tidur, merokok, tidak menjaga kebersihan pribadi terutama area wajah, penggunaan produk kecantikan berbasis minyak yang berlebihan, serta penggunaan steroid jangka panjang.

Milia muncul pada kulit wajah sehingga bisa mengganggu penampilan kulit wajah. Tentu bintik-bintik putih ini membuat kita merasa minder. Namun jangan cemas, masalah kulit ini bisa diatasi dengan mudah kok. Ikuti 5 cara menghilangkan milia berikut ini:

1. Rutin membersihkan kulit wajah

Membersihkan wajah adalah rutinitas yang wajib dilakukan agar kulit tetap bersih, bukan hanya saat milia muncul. Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun atau pembersih wajah tanpa kandungan paraben setiap hari.

2. Melakukan eksfoliasi kulit

Eksfoliasi adalah teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Teknik ini bisa membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Salah satunya menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

3. Rutin menggunakan krim wajah dengan kandungan tabir surya

Jangan lupa untuk menggunakan krim wajah dengan kandungan tabir surya seperti Marcks' Moisturizer setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

 

Selain upaya diatas untuk mengatasi milia, jangan lupakan untuk mencegah milia ataupun memperparah kondisi milia, yaitu:

1. Melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh sebelum tidur. Jika perlu lakukan pembersihan ganda yang dapat melunturkan make up secara maksimal serta lakukan pemijatan untuk dapatkan hasil yang benar-benar bersih secara menyeluruh.

2. Kurangi penggunaan make up berbahan berat yang dapat mengendap lebih lama dan membuat kulit wajahmu terekspos make up terlalu sering.

3. Mengonsumsi buah-buahan serta sayuran yang baik untuk kulit juga dapat menjadi salah satu pencegahan timbulnya milia.

Menjaga kesehatan kulit wajah haruslah dilakukan dari luar maupun dari dalam. Jadi kamu tidak hanya mengandalkan penggunaan produk-produk tertentu saja. Kebersihan wajah merupakan faktor paling penting dan utama dalam menjaga kulit agar senantiasa terbebas dari masalah wajah seperti:

1. Jerawat

2. Komedo

3. Flek hitam

4. Milia

5. Kusam

<< Back