Dari : Nandini

Apakah bedak marcks tabur, aman untuk ibu hamil? Karena ada salicyl acidnya, yg notabene tidak disarankan untuk ibu hamil

Banyak diantara kita yang bertanya-tanya, apakah aman menggunakan produk kecantikan dengan kandungan Asam salisilat aman untuk digunakan selama masa kehamilan? | 2019-06-13

Dijawab oleh : Admin

Hai Nandini, saat hamil kita harus selalu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit dan kecantikan yang digunakan sehari-hari. Produk yang kita oleskan di permukaan kulit dapat saja terserap ke dalam kulit dan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk janin, melalui pembuluh darah.

Banyak diantara kita yang bertanya-tanya, apakah aman menggunakan produk kecantikan dengan kandungan Asam salisilat aman untuk digunakan selama masa kehamilan?

Asam salisilat merupakan obat golongan keratolitik. Obat ini dapat meningkatkan kelembapan kulit dan melarutkan unsur yang mengakibatkan sel kulit saling menempel. Hal ini akan mempermudah proses pengelupasan sel kulit. Para ahli kulit menganjurkan ibu hamil tidak menggunakan asam salisilat oral, namun jika digunakan secara topikal dan masih dalam konsentrasi rendah atau tidak lebih dari 2 persen untuk toner, bedak dan cleanser, itu masih dianggap aman. Namun, jika ada kekhawatiran ketika asam salisilat digunakan pada konsentrasi yang lebih tinggi.sebaiknya hindari dulu asam salisilat selama kehamilan, atau gunakan produk dengan kandugan Asam glikolat, asam laktat, asam sitrat, atau witch hazel semuanya dianggap oke untuk digunakan secara topikal selama kehamilan. Selain itu, juga bisa lakukan diet mengatasi jerawat yang berhubungan dengan kehamilan. "Makanlah makanan yang tinggi vitamin A seperti wortel, susu dan telur, kangkung, bayam, dan brokoli. Jika ragu, berkonsultasilah dengan dokter kulit.

<< Back